Waterplay ECEP

News

Water Play is one of the activities that the children enjoy so much. Water play activities include pouring, squirting, scrubbing, stirring and squeezing. These activities provide kids with the experience needed to develop their fine and gross motor skills. So not only is this activity highly beneficial, but also very fun!

#HighScopeIndonesia

#highscope bintaro

#redesigningtheworld

#activelearning

#bridgetorealife

#preschoolbintaro

#kindergartenbintaro

#primaryschoolbintaro

#secondaryschoolbintaro

#TKBintaro

#SDBintaro

#SMPBintaro

#sekolahbintaro

#sekolahbsd

#topschoolbintaro (add bahasa indonesia)

#bestschoolbintaro

#topschooltangerang

#bestschooltangerang

#topschoolbsd

#bestschoolbsd

#internationalschoolbintaro

#sekolahinternationalbintaro

#internationalschooltangerang

#sekolahinternationaltangerang

 

Water Play, Apa sih Manfaatnya?

 

“Waduh! Besok di kelas Adik ada jadwal water play, bisa berantakan deh rumah”. Mungkin untuk sebagian orang tua, akan terlintas bayangan rumah berantakan dengan air berceceran di lantai ketika tahu bahwa salah satu kegiatan belajar ananda esok hari adalah bermain air. Kalau dulu sebelum pandemi semua aktivitas dilakukan di sekolah, Bunda tentunya akan terbebas dari pikiran rumah yang berantakan atau becek setelah main air. Belum lagi banyak juga peralatan yang harus disiapkan untuk kegiatan ini. Tapi tahukah Bunda, bahwa water play atau permainan air memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil?

Kegiatan water play yang melibatkan kegiatan fisik seperti mengangkat, menuang, memercikkan air, dan memeras ternyata dapat menstimulus perkembangan motorik kasar dan halus anak. Tidak hanya itu Bunda, ternyata water play juga memiliki serangkaian manfaat untuk menstimulus perkembangan kognitif anak.

Berikut beberapa manfaat dari kegiatan water play:

  1. Sebagai awal mula pengenalan konsep matematika

Percayakah Bunda bahwa saat si Kecil bermain air, mereka sedang belajar mengenali konsep dasar matematika? Saat anak mengisi dan mengosongkan berbagai jenis ukuran wadah dengan air, mereka belajar tentang ukuran kapasitas. Mereka juga mempelajari konsep perbandingan seperti lebih banyak, lebih sedikit , terisi penuh, atau kosong.

  1. Pengenalan konsep sains

Lewat kegiatan water play anak menemukan berbagai fakta ilmiah sederhana dari air, seperti: air membuat pasir menjadi lebih berat, bentuk air mengikuti bentuk tempatnya, atau benda bisa mengapung, melayang, atau tenggelam di dalam air, dan masih banyak lagi.

  1. Pengenalan bahasa dan kosakata

Saat melakukan kegiatan water play, anak akan mengembangkan keterampilan berbahasa terutama dengan memperkaya kosakata yang dimiliki. Mereka akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan apa yang mereka temukan saat melakukan water play dengan berbagai peralatan dan mainan yang digunakan.

  1. Meningkatkan keterampilan sosial

Pengembangan keterampilan sosial didapat saat anak mendapat kesempatan untuk berdiskusi, berbagi, dan bekerjasama dengan guru, teman-teman, atau saudara saat bermain air.

Bagaimana Bunda, masih terpikir repotnya anak melakukan water play setelah melihat segudang manfaatnya?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu